Kelebihan dan kekurangan membeli perumahan atau perumnas

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Perumnas

Kelebihan dan Kekurangan  Rumah  Perumnas – Saat ini tinggal di sebuah perumahan sudah menjadi tren dan pilihan bagi sebagian keluarga yang tinggal di daerah perkotaan. Tentunya pilihan ini muncul karena berbagai faktor, seperti dekatnya perumahan dengan tempat kerja, sekolah, pasar dan akses lainnya. 

Mungkin Anda saat ini sedang merencanakan juga untuk membeli atau mengkredit rumah di perumnas atau perumahan? Tentu ada berbagai hal yang harus kita pertimbangkan sebelum membeli rumah di perumahan. Agar kita tidak menyesal beli rumah di kemudian hari, karena memang budget untuk membeli rumah itu tidak sedikit. 

Ketika berencana membeli rumah maka kita harus mengetahui berapa rentang harganya, akses lokasinya, berapa tahun cicilannya, biaya tinggal di perumahan, serta kualitas dari developernya itu sendiri. Selain beberapa hal tersebut kita juga harus mempertimbangkan apa saja kelebihan dan kekurangan membeli rumah di perumahan atau perumnas. 

Tentunya ada banyak kelebihan jika kita tinggal di sebuah perumahan. Namun juga tak menutup kemungkinan adanya kekurangan. Semuanya ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun siapa tahu, dari artikel tentang kelebihan dan kekurangan membeli rumah di perumahan berikut ini  Anda dapat mematangkan rencana untuk beli rumah. 

Mari kita simak bersama kelebihan dan kekurangan rumah di perumahan, berikut ini;

Kelebihan Membeli Rumah di Perumahan 

Kita akan membahas tentang kelebihan membeli rumah di perumahan. Tentunya perumahan yang akan kita bahas adalah jenis perumahan sedang atau menengah yang ada di pinggiran perkotaan. Dan bukan jenis perumahan elit yang mana hidup di sana tentu harus menyiapkan budget selangit. 

Ketika melihat apa saja kelebihan membeli rumah di perumahan kita bisa bandingkan dengan membeli atau membuat rumah di perkampungan biasa. Tentu ada perbedaannya. Mari kita lihat bersama apa keuntungan rumah komersil tersebut; 

  • Privasi Lebih Terjaga di  Perumnas atau Perumahan

Hidup di sebuah perumahan atau perumnas pasti akan lebih terjaga privasi karena memang interaksi antar satu rumah dengan rumah yang lain sangat jarang. 

Rata-rata penghuni perumahan merupakan orang yang disibukkan dengan kerja sehingga baru akan kembali ke rumah pada sore atau malam hari. Sehingga proses interaksi tersebut terjadi minim sekali.

Hal itulah mengapa tinggal di perumahan sangat privasi dan hubungan antar tetangga sangat jarang bahkan hampir tidak terjadi. 

  • Keamanan Lingkungan Lebih Terjamin di Perumnas

Biasanya tinggal di sebuah perumnas tidak perlu berpikir lagi terkait tingkat keamanan di sana. Sebab lingkungan perumahan berada di satu tempat khusus dan untuk mengaksesnya harus melalui satu gerbang yang biasanya juga dijaga satpam.

Adanya petugas keamanan inilah yang menjadikan biaya tinggal di perumahan juga macam-macam, seperti biaya kebersihan, keamanan, ketertiban, dan sebagainya. Jadi buat kamu yang berencana tinggal di perumnas maka siap-siaplah dengan segala macam biaya ini, yang tentunya diimbangi juga dengan tingkat keamanan di sana. 

  • Rata-rata Aksesnya Mudah Dijangkau di Perumahan

Kita tidak perlu menyesal beli rumah di perumnas karena memang rata-rata aksesnya gampang. Bahkan di iklan property yang ada kebanyakan menawarkan akses lokasi sebagai kelebihan mereka. 

Rata-rata perumahan yang ada di perkotaan biasanya mudah untuk diakses. Kalaupun berada di pinggiran kota biasanya para developer juga memilih tempat yang masih memungkinkan untuk diakses secara gampang. 

Jadi buat anda yang punya rencana beli rumah maka surveilah tempatnya terlebih dahulu agar kelebihan rumah di perumahan tersebut benar-benar nyata dan dapat dibuktikan sendiri. 

BIasanya semakin dekat akses perumahan tersebut dengan lokasi strategi maka akan semakin mahal harganya. Ini harus kita ketahui bersama untuk melakukan estimasi budget sebelum membeli rumah. 

  • Proses Pembangunan Relatif Simpel Buat Perumnas

Kalau kita membeli rumah di perumahan, maka semua proses pembangunan akan kita serahkan ke pihak developer. Oleh karena itu biasanya bentuk rumah di perumahan kebanyakan hampir seragam. 

Itulah salah satu kelebihan membeli rumah di perumahan yaitu kita tidak direpotkan lagi dengan segala keperluan pembangunan. Kita dapat memesan ukuran berikut lokasinya saja, sedangkan untuk jenis bahan dan lain-lainnya ada di tangan developer.

Tapi tenang, kita masih bisa memoles sendiri bagian interior maupun eksterior rumah sesuai dengan selera. Namun itu berada di luar tanggung jawab developer, baik dari segi design maupun pembiayaannya. Buat anda yang berminat dengan pemolesan di bagian interior dan eksterior rumah maka serahkan saja pada kami yang sudah terpercaya sebagai jasa design rumah. 

Kekurangan Membeli Rumah di Perumnas Atau Perumahan

Kita sudah mengetahui bahwa pasti ada kelebihan dan kekurangan membeli rumah di perumahan. Nah, di sini kita akan bahas kekurangan membeli rumah di perumnas. 

Tentunya ada banyak hal yang tak kita dapatkan di lingkungan perumahan. Selain karena memang kualitas rumah subsidi itu perlu untuk dipertanyakan kembali, ternyata biaya tinggal di perumahan itu juga tidak sedikit. 

Apa saja kekurangan rumah di perumnas tersebut, yuk simak penjelasan di bawah;

  • Lingkungan Sosial Kurang Akrab

Bagi sebagian orang, tinggal di perumahan itu ibarat tinggal di suatu tempat yang sepi. Sebab memang lingkungan sosial di perumnas tidaklah begitu ramai dan akrab seperti halnya di perkampungan. 

Hal ini bagi sebagian orang tentu menjadi hambatan untuk tinggal di perumahan. Sebab kebanyakan orang juga butuh sosialisasi dan interaksi sosial yang mencukupi. 

Bagi anda yang tidak terbiasa dengan lingkungan sosial di perkotaan, maka tahan dulu untuk membeli rumah di perumahan. Atau kalau memang masih ragu, dapat melihat langsung di tempatnya untuk memastikan apakah lingkungannya sesuai keinginan atau tidak. 

  • Kualitas Bangunan Kurang Terkontrol di Perumnas

Kita sudah menjelaskan di bagian atas bahwa semua proses pembangunan diserahkan kepada developer. Karena hal itu berada di luar kendali sang pemilik rumah, maka kita tak dapat memilih sendiri bahan yang akan digunakan. 

Terkadang ini dapat menjadi ketidakpuasan ketika membeli rumah karena ada bagian yang mungkin tidak disuka. Buat anda yang ingin rumah di perumahan maka dapat berkonsultasi dulu dengan developer untuk request-request tertentu, misalnya bahan, dan lain-lain. 

 

  • Sanitasi dan Pembuangan yang Belum Tertata Baik

Rumah yang berada di perumahan kadang juga tidak bebas dari kejadian-kejadian yang terjadi di perkampungan, seperti banjir, selokan macet, bau apek, dan lain-lain. 

Karena lokasinya, kadang sebuah perumahan bisa saja tidak menyiapkan pembangunan sanitasi yang baik yang mengakibatkan banjir saat musim penghujan. Oleh karena itulah kita harus benar-benar selektif ketika memilih kontraktor atau developer ketika akan membeli rumah. 

  • Jauh dari Akses Logistik (Pasar, dan lain-lain)

Beberapa perumahan terkadang jauh dari akses logistic kebutuhan sehari-hari yang terjangkau. Apalagi lingkungan perumahan yang tertutup kadang membuat pedagang keliling tidak dapat masuk. 

Tentu ini menjadi salah satu kekurangan dari membeli rumah di perumahan. Jika kita ingin mencari kebutuhan sehari-hari yang terjangkau maka harus ke tempat di sekitar pemukiman biasa. 

jadi itulah beberapa kelebihan dan kekurangan  rumah perumnas atau perumahan yang harus Anda ketahui.  Pertimbangkan semua aspek  dan jangan lupa untuk senantiasa berkonsultasi dengan developer atau kontraktor soal rumah yang menjadi impianmu. Selamat membangun!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *