Tips memilih perumahan bersubsidi

Tips Memilih Perumahan Bersubsidi

 Tips Memilih Perumahan Bersubsidi – Rumah adalah kebutuhan dasar semua orang. Setiap orang membutuhkan rumah untuk dihuninya. Sekarang ini, banyak orang di Indonesia yang tidak punya tempat tinggal sendiri karena harga rumah yang terus naik setiap tahunnya. Dengan harga rumah yang naik setiap tahunnya, pemerintah memberikan subsidi supaya setiap pembeli bisa mendapat kemudahan untuk membeli rumah.

 Kamu pernah dengar tentang rumah subsidi belum?  Rumah subsidi merupakan rumah yang dijual dengan harga terjangkau. Rumah subsidi juga cocok bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah. 

 Kamu mau beli rumah subsidi tetapi tidak tahu cara memilihnya. Di sini akan dijelaskan tips memilih perumahan bersubsidi. Dari pada kamu ngekos terus atau ngontrak rumah, mending kamu beli rumah subsidinya biar nyicil tapi kelak rumahnya akan menjadi milik kamu. Kamu punya pengalaman membeli rumah subsidi belum? Kalau belum, simak artikelnya biar kamu dapat tips memilih perumahan bersubsidinya.

Mending Rumah Bersubsidi atau Komersial 

 Bagi kamu yang sudah punya pengalaman membeli rumah subsidi, mending rumah subsidi atau komersial? Di sini akan dijelaskan perbandingan rumah subsidi dan komersial mending yang mana. Sebagai rumah subsidi dari pemerintah, pasti kualitasnya beda jauh dari rumah komersial. Namanya juga disubsidi pasti beda kualitasnya dengan komersial. Perbandingan dasarnya antara rumah subsidi dan rumah komersial adalah kualitas bangunannya.

 Bangunan rumah subsidi beda jauh dari rumah komersial, material yang digunakan juga tidak sama seperti di rumah komersial misalnya pintu rumah bersubsidi pakai double tripleks sedangkan rumah komersial pakai pintu besi. Yang sudah pernah punya pengalaman membeli rumah subsidi pasti tahu bangat perbedaannya.

 Pembuatan jendela rumah juga dari kusen yang terbuat dari kayu itu tidak akan bertahan lama. Kalau kamu mempunyai dana, setelah membeli rumah subsidi kamu bisa renovasi dengan material yang lebih bagus. 

 Kualitas interior rumahnya terletak di bagian dindingnya. Cat yang digunakan biasanya luntur kalau sudah kering. Di rumah komersial biasa digunakan bata ringan sedangkan rumah subsidi batako.

Batako adalah bahan kualitas rendah untuk bahan baku pembangunan dinding. Walaupun kualitasnya standar, bukan berarti rumah subsidi tidak layak di jadikan hunian.Rumah subsidi di bangun dengan standar nasional Indonesia (SNI). 

Rumah Bersubsidi 2021

 Harga rumah subsidi di 2021 mengikuti aturan pembagian wilayah. Rumah subsidi di 2021 masih menggunakan harga tahun 2020 berdasarkan keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 535/KPTS/M/2019 tentang batasan harga jual rumah sejahtera tapak yang di dapat dari kredit atau pembiayaan pemilik rumah subsidi.

Daerah Jawa kecuali Jabodetabek, nilai jual dengan maksimal Rp 150.500,000,00. Di wilayah kalimatan dengan nilai jual sebesar Rp 164.500,000. Wilayah Sulawesi dengan nilai jual sebesar Rp 156. 500,000,00. Maluku, Maluku utara, Bali dan Nusa Tenggara dan Jabodetabek dengan harga jual sebesar Rp 168,000,000. Papua dan Papua Barat dengan nilai jual sebesar Rp 219.000.000.00. Diatas adalah harga rumah bersubsidi di tahun 2021 berdasarkan wilayahnya masing-masing.

Rumah Subsidi Pemerintah 

Rumah subsidi pemerintah merupakan kredit/pembiayaan pemilikan rumah yang mendapat bantuan atau kemudahan dari Pemerintah berupa dana murah jangka panjang dan subsidi perolehan rumah yang diterbitkan  oleh bank pelaksana baik secara konvensional ataupun dengan prinsip syariah.

Di setiap wilayah di Indonesia mempunyai rumah subsidi pemerintah jadi buat kamu yang pengen beli rumah bersubsidi, jangan kuatir kamu bisa dapat rumah subsidi di wilayah tempat dimana kamu tinggal sekarang.

Bantuan Rumah Bersubsidi dari Pemerintah

Setiap Masyarakat yang Berpenghasilan Rendah (MBR) mendapat bantuan dari Pemerintah untuk memperoleh sebuah rumah. Rumah Subsidi bantuan pemerintah di likuidasi pembiayaannnya kepada MBR karena pengelolaannya dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Bentuk bantuan yang diberikan pemerintah kepada MBR berupa KPR dengan suku Bungan 5% per tahun sepanjang masa pinjaman melalui KPR SSB/SSM dan subsidi bantuan uang muka perumahan sebesar Rp 4.000.000,00 untuk pembelian rumah tapak dan pembebasan pajak pertambahan nilai sesuai peraturan perundang-undangan.

Tips Memilih Perumahan Bersubsidi

 

Kunjungi Lokasi Perumahan Bersubsidi  

 Sebelum kamu memutuskan untuk membeli rumah bersubsidi, pastikan kamu sudah cek lokasi perumahannya. Dengan mengunjungi lokasi perumahan kamu bisa cek daerah sekitar apakah lokasi rumahnya strategis atau tidak, pastikan akses ke fasilitas umum strategis seperti, kesehatan, pusat pendidikan dan pembelanjaan dekat dengan lokasi dan tidak terlalu terpencil.

Cari Tahu Metode Pembayarannya Perumahan Bersubsidi 

 Untuk metode pembayarannya biasanya di bayar melalui metode KPR FLPP (Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan). Kamu juga bisa membayar dengan bank yang bersangkutan. Biasa di setiap pusat perumahan subsidi ada manager penanggung jawab, jadi kamu bisa langsung bertanya kepada mereka mengenai metode pembayaran lebih detail. Dengan mengetahui metode pembayaran akan memudahkan kamu dalam proses pembayarannya.

Perhatikan Kualitas Bangunannya

 

Tidak semua rumah bersubsidi berkualitas rendah. Ada rumah bersubsidi yang kualitasnya bagus tergantung developer yang membangun rumahnya. Kamu bisa pastikan kualitasnya seperti yang sudah di jelaskan di atas. Kamu bisa cek dari contohnya rumah yang sudah ada, mulai dari pintu hingga interior rumahnya.

Mempunyai rumah bersubsidi bagi kamu yang berpenghasilan rendah memang solusi yang baik. Bagi kamu yang berpenghasila diatas UMR yang mau membeli rumah bersubsidi untuk tujuan investasi sangat tidak direkomendasikan. Karena hal tersebut sudah di tetap oleh kementerian PUPR Nomor 242/KPTS/M/2020 tentang Batasan Harga Jual Rumah Sejahtera Tapak yang Diperoleh melaui KPR Bersubsidi.

Nah, itu adalah beberapa tips memilih perumahan bersubsidi. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu kamu untuk pemilihan rumah bersubsidi.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *